BREAKING NEWS

Sabtu, 29 Desember 2018

Tip Menghindari Penipuan di Facebook


BERTEMAN di FB (Facebook) sudah menjadi keseharian pengguna internet. Seperti Medsos (Media Sosial) lainnya FB sangat banyak penggunanya di seluruh dunia. Kurang lebih 3 Miliar tercatat sebagai pengguna FB. Dan Indonesia, tercatat sebagai pengguna FB ke-empat terbanyak di dunia.


Dengan FB kita saling berkenalan, saling menyapa dan bahkan bisa juga bertatap wajah (foto/ video) dari jarak yang amat jauh. Tegasnya, dengan FB kita bisa merasa begitu dekat walaupun entah berapa ratus atau berapa ribu kilo meter jarak di antara pengguna FB.

Satu fenomena yang wajib diwaspadai oleh pengguna FB adalah penyalahgunaan akun FB kita oleh orang lain dengan maksud-maksud tertentu. Setelah berhasil diretas, biasanya akun kita akan dipakai untuk menipu dan atau untuk mengirimkan pesan dan gambar-gambar 'jelek' seumpama gambar porno.

Menjelang berakhirnya tahun 2018, pasti kita merasakan atau sekurang-kurangnya mengetahui ada teman-teman kita yang merasakan akun FB-nya diretas oleh orang lain. Lalu akun kita itu dipakai untuk berbagai keperluan seperti meminta atau meminjam uang, mengirimkan gambar-gambar tak layak dan banyak keperluan lainnya.

Lalu bagaimana kita mengantisipasi sekaligus menghindarinya? Salah satu strategi adalah dengan terus aktif mengefektifkan penggunaan FB itu. Jangan sekadar memiliki akun tapi tidak atau jarang digunakan. Pakailah FB untuk benar-benar mengenal teman FB kita dengan baik hingga kita tahu sifat dan gaya tulisannya melalui FB.

Ketika ada pesan atau status teman kita yang ditujukan kepada kita dengan gaya dan karakter lain dari biasanya, maka kita dapat menyimpulkan bahwa itu bukan pemilik sebenarnya. Jadi, selain sering kontak langsung (video call FB) juga berusaha memahami betul gaya atau kebiasaan teman kita di FB. Tip sederhana ini, tentu akan berguna untuk menghindari penipuan dari siapapun melalui FB.***

Posting Komentar

Berikan Komentar Anda

 
Copyright © 2016 koncopelangkin.com Shared By by NARNO, S.KOM 081372242221.