BREAKING NEWS

Jumat, 04 Desember 2015

Pengukuhan Terakhir: MUI Meral Barat

MENJELANG akan berakhirnya masa khidmat pengurus MUI (Majelis Ulama Indonesia) Kabupaten Karimun pada tahun 2017 nanti, salah satu program konsolidasi organisasi yaitu membentuk kepengurusan MUI Kecamatan se-Kabupaten Karimun dapat terselesaikan. Dengan dikukuhkannya kepengurusan MUI Kecamatan Meral Barat pada hari Rabu (02/12/15) kemarin, itu berarti selesailah semua kecamatan yang ada di kabupaten dikonsolidasi. Baik membentuk pengurus baru maupun penggantian karena sudah habis masa khidmat yang lama.

Dari 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Berazam, semuanya sudah memiliki kepengurusan MUI. Jadi, MUI kini sudah ada di semua kecamatan se-Kabupaten Karimun. Begitu penegasan Ketua MUI Kabupaten Karimun, H. Azhar Hasyim pada saat memberikan sambutan setelah pengukuhan pengurus MUI Kecamatan Meral Barat. Bupati Karimun yang juga hadir, mengulangi lagi pernyataan itu dengan penekanan pesan agar para pengurus dapat melaksanakan fungsi dan tanggung jawabnya dalam mengawal akidah umat.

Prosesi pengukuhan kali ini memang terasa agak istimewa. Selain dihadiri oleh ratusan masyarakat kecamatan yang baru saja dimekarkan dari Kecamatan Meral, dihadiri pula oleh bupati, H. Aunur Rafiq dan mantan bupati, H. Nurdin Basirun. Dan yang menambah istimewa itu adalah karena panitia pengukuhan juga menampilkan grup marawis Kecamatan Meral Barat. Grup ini tampil mengesankan dengan beberapa lagu sebelum acara pokok dilaksanakan.

Terasa berbeda sekali dengan beberapa kali kegiatan pengukuhan di beberapa kecamatan sebelum. Sebagai informasi, sebelum kecamatan pemekaran ini, juga sudah dilaksanakan pengukuhan kepengurusan MUI kecamatan di dua kecamatan pemekaran lainnya. Tapi prosesi pengukuhannya tidak menampilkan hiburan sebagaimana ditampilkan Meral Barat. Pengukuhan terakhir ini memang lain dari sebelum-sebelumnya. Tentu saja tergantung aktivitas dan kreativtas camatnya.
Pembacaan SK Pengukuhan

Dengan mengambil tempat di Balai Pertemuan Sememal, Meral Barat acara pengukuhan pengurus MUI Kecamatan pemekaran ketiga --setelah kecamatan Ungar dan Belat, bulan sebelumnya-- ini berjalan lancar dan aman. Meskipun harus dilaksanakan agak cepat mengingat bupati harus segera berangkat ke luar pulau, namun masyarakat (undangan) kecamatan sudah hadir sesuai undangan. Sebelum pukul 13.00, jadwal waktu yang direncanakan, para undangan sudah hampir memenuhkan gedung pertemuan itu. Pengurus MUI Kabupaten yang bertempat tinggal cukup jauh dari Sememal, juga sudah hadir sebelum acara dimulai.

Acara pengukuhan diawali dengan pembacaan SK (Surat Keputusan) Pengukuhan oleh Sekretaris Umum MUI Kabupaten, HM. Rasyid Nur. Selanjutnya pengukuhan yang ikrarnya langsung diucapkan oleh Ketua MUI Kabupaten, H. Azhar Hasyim. Setelah dikukuhkan, kepada para pengurus baru, oleh Ketua MUI Kabupaten juga disematkan pin kepengurusan sebagai tanda pengurus sudah resmi mengemban tugas sebagai 'pewaris nabi' di kalangan umat Kecamatan Meral Barat. Selanjutnya pengurus baru mendapat ucapan selamat dari bupati dan undangan lainnya.
Pengukuhan oleh Ketua MUI Kabupaten
Bupati Karimun dalam pengarahannya kembali mengingatkan pentingnya peran dan fungsi pengurus MUI ini bagi umat yang ada di kecamatan yang baru terbentuk ini. "Jika ada masalah-masalah keagamaan yang belum terselesaikan oleh masyarakat maka di sinilah perlunya tokoh agama, khususnya yang duduk dan dipercaya dalam kepengurusan ini," kata bupati. Bupati juga mengingatkan agar berhati-hati dan waspada terhadap kemungkinan munculnya aliran-aliran yang tidak sesuai dengan akidah. Jangan sampai akidah umat diselewengkan oleh orang-orang yang ingin menyesatkan. Inilah peran utama yang harus menjadi perhatian. Begitu pesan bupat.

Sebelum bupati memberikan pengarahan, juga berkesempatan memberikan sambutannya yaitu Ketua MUI Kabupaten, dan mantan bupati sebelumnya, H. Nurdin Basirun. Keduanya juuga mengingatkan pengurus untuk bekerja keras demi umat Islam yang mereka ayomi.

Acara pengukuhan terakhir dari semua kecamatan yang ada, diakhiri dengan makan bersama. Panitia menyediakan makan siang untuk para undangan. Bagi pengurus MUI Kabupaten, ini juga sebuah berkah karena dengan itu tugas pengurus untuk membentuk dan mengukuhkan semua kepengurusan di semua kecamatan, sudah tercapai. Alhamdulillah.***

Posting Komentar

Berikan Komentar Anda

 
Copyright © 2016 koncopelangkin.com Shared By by NARNO, S.KOM 081372242221.