BREAKING NEWS

Senin, 30 November 2015

Mengatasi Kemiskinan: Berikan Hak Mustahik

DUA hari berturut-turut, 28 dan 29 November 2015, pengurus BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) Daerah Kabupaten Karimun melaksanakan salah tugasnya, mendistribusikan zakat kepada para mustahik. Sebanyak 1.000-an orang fakir miskin dan fisabilillah akan mendapatkan haknya dari muzakki yang telah menyalurkan zakatnya melalui BAZNAS Karimun.

Pada hari pertama (Sabtu, 28/11) itu kegiatan pendistribusian zakat dilaksanakan khusus untuk masyarakat di Kecamatan Tebing dengan pusat kegiatan Masjid Alfurqon, Tebing. Pagi-pagi sekali para mustahik sudah berkumpul di rumah ibadah itu karena pelaksanaan kegiatannya memang harus pagi. Hari ini ada dua kegiatan bupati di pagi itu, menghadiri resepsi peringatan HUT PGRI di halaman rumah kediaman bupati dan satunya lagi adalah menghadiri acara distribusi zakat ini. Jadi, Bupati Karimun, H. Aunur Rafiq meminta kepada Ketua BAZNAS Karimun, Atan AS untuk memajukan kegiatan distribusi ini dari semula pukul 09.00 ke pukul 07.30.

Acara pembukaan --sebelum menyerahkan uang zakat kepada para mustahik-- diisi terlebih dahulu dengan beberapa sambutan. Sambutan pertama, dari Pak Atan sendiri yang menjelaskan bahwa distribusi akhir tahun 2015 ini adalah distribusi periode ketiga setelah dua periode sebelumnya. Dijelaskan juga peningkatan jumlah uang masyarakat yang diamanahkan ke BAZNAS Karimun untuk disalurkan kepada para mustahik yang ada di Kabupaten Karimun ini. "Saat ini kita sudah mampu mengumpulkan uang masyarakat kurang lebih 2 M dalam masa satu tahun meskipun potensi kita jauh lebih besar lagi," katanya.
Distribuzi Zakat di Masjid Alhuda, Meral

Pak Atan juga menjelaskan bahwa pada tahun 2015 ini adalah tahun yang membanggakan bagi BAZNAS Karimun karena terpilih menjadi salah satu pengelola terbaik di Indonesia. "Kita mendapatkan salah satu penghargaan berupa Zakat Award untuk tahun 2015 ini," katanya. Dia mengatakan bahwa dari 300-an kabupaten yang ada di Indonesia, Karimun termasuk salah satu dari 30-an terbaik yang diikutkan dalam pemilihan lanjutan. Walaupun belum bisa meraih juara satu, dua atau tiga tapi kita sudah menjadi salah terbaik di Indonesia dan tetap mendapat piagam dari Menteri Agama RI berupa piagam Zakat Award.

Selain Ketua BAZNAS juga memberikan sambutan H. Nurdin Basirun selaku Ketua Penasehat BAZNAS Karimun. Dia kembali mengingatkan beberapa prestasi kabupaten yang pernah dipimpinnya lebih kurang 15 tahun untuk terus dijaga dan ditingkatkan. Pak Nurdin saat ini sedang mencalonkan diri menjadi wakil gubernur Provinsi Kepri yang berpasangan dengan HM. Sani berharap agar Kabupaten Berazam ini tetap maju berjaya, termasuk dalam pengelolaan zakat masyarakat.
Di Masjid Alhuda, Meral

Sambutan terakhir sebelum pembagian ampelop zakat adalah dari Bupati Karimun, H. Aunur Rafiq. Bupati yang menggunakan seragam PGRI (karena akan langsung ke lokasi resepsi HUT PGRI) menyatakan permintaan maafnya terlambat datang. Katanya, sebelum ke masjid ini dia terlebih dahulu melayat salah seorang tokoh masyarakat yang meninggal dunia pagi itu. Kebetulan yang meninggal itu adalah orang tua Muhammad Taufiq (mantan Sekda Kabupaten Karimun) yang tentu saja pantas untuk dilayat oleh seorang bupati.

Pak Rafiq (demikian bupati ini disapa) dalam sambutan pengarahannya meminta agar pengelolaan zakat yang diamanahkan masyarakat lebih ditingkatkan. Potensi yang sebenarnya cukup tinggi, harus terus digali dan ditingkatkan agar lebih banyak para mustahik yang terbantu. Selanjutnya bupati juga mengucapkan terima kasih kepada para pengurus BAZ yang meskipun tidak bergaji, tapi terus bekerja dengan bersemangat dan ikhlas demi pengelolaan zakat yang baik. Pak Rafiq juga diminta menyerahkan piagam penghargaan kepada beberapa masjid dan instansi di Pulau Karimun yang dinilai sebagai pengelola zakat (sebagai UPZ) di instansi atau di masjid.
Distribui Zakat di Masjid Nurul Huda, Kec. Karimun

Selepas bupati menyampaikan sambutan pengarahannya dia langsung menuju ke lokasi resepsi HUT PGRI Kabupaten Karimun, sementara pengurus BAZNAS Karimun melanjutkan tugas membagi zakat kepada 400-an mustahik yang ada di Kecamatan Tebing. Besoknya (Ahad, 29/11) juga akan ada kegiatan yang sama di dua masjid, Nurl Huda (Kecamatan Karimun) dan Alhuda di Kecamatan Meral dan Meral Barat. Menurut Pak Atan, distribusi zakat juga akan dilakukan di Pulau Buru, Kecamatan Buru.
Bagaimanapun, meskipun potensi zakat belum maksimal, diharapkan distribusi yang sudah berkali-kali selama ini dilakukan, dapat membantu para keluarga miskin yang ada di kabupaten ini untuk dapat hidup layak. Salah satu cara mengentaskan kemiskinan, tentu saja dengan pemberian dan penyaluran dana zakat sebagaimana sudah dilaksanakan selama ini kepada para mustahik. Harapan mulia dari itu adalah kiranya suatu saat nanti para mustahik ini mampu mandiri bahkan bisa berubah status menjadi muzakki, insyaallah. Pengurus BAZ memberi dana, sarana dan pencerahan sementara para mustahik mengubah usaha dan sikapnya agar mampu mandiri bahkan menjadi muzakki. Semoga.***

Posting Komentar

Berikan Komentar Anda

 
Copyright © 2016 koncopelangkin.com Shared By by NARNO, S.KOM 081372242221.