BREAKING NEWS

Senin, 23 Februari 2015

Tikus juga Merusak TV

TERNYATA tikus, binatang kecil nan kotor itu tidak hanya mengganggu dan memakan makanan yang ada di bagian dapur rumah, tapi juga ikut merusak televisi yang biasanya terletak di depan rumah atau di ruang keluarga. Haha, dia benar-benar cerdas tapi menyebalkan.


Selama ini tikus lebih dikenal sebagai binatang pengerek apa saja. Kayu, plastik, tikar, atau apa saja yang dia mau, pasti akan digrogotinya dengan giginya yang tajam itu. Dan segala makanan yang ada di bagian dapur rumah biasanya juga menjadi incerannya. Berbagai usaha yang dilakukan untuk membasmi musuh kucing itu tidaklah mudah.

Pada hari Kamis (19/ 02) lalu saya justeru mendapat pengalaman baru dengan keberadaan tikus di rumah. Saya menduga rumah yang lumayan bersih, terang, bertekel, eeh ternyata tetap saja ada tikusnya. Tikus memang sudah lama ada di rumah yang kami tempat berlima. Sepertinya mustahil untuk melarangnya masuk ke dalam rumah. Dengan lobang sangat kecil saja, tikus itu sudah bisa masuk ke dalam rumah.

Membasmi tikus biasanya dengan menggunakan perangkap tikus. Perangkap berupa sangkar besi yang dengan mudah bisa didapatkan di kedai-kedai kelontong,terbuat dari besi. Dengan diberi umpan, diharapkan tikus itu terperangkap karena ingin mengambil makanan (umpan) itu. Rupa-rupanya juga tidak mudah. Sekarang tikus-tikus itu sepertinya semakin mengerti kalau itu adalah perangkapnya. Dan dia juga seperti berhati-hati sekali untuk masuk ke dalamnya.

Dengan cara lain juga sudah dicoba untuk membasmi tikus: diracun atau dipasang perangkap getap (lem). Untuk yang pertama, susahnya kalau dia termakan racun tersebut lalu tikusnya mati. Tapi repotnya akan menimbulkan masalah lain, bangkai tikus yang membusuk karena tidak diketahui dimana dia bersembunyi dan akhirnya mati. Untuk perangkap getah, juga tikusnya mulai cerdik.

Satu pengalaman buruk saya hari itu adalah ketika televisi saya di ruang keluarga tidak bergambar di layarnya. Padahal suaranya ada. Tentu saja merisaukan. Ketakutan di awal karena tidak diketahui penyebabnya, barulah dapat diketahui setelah teknisi televisi saya minta datang ke rumah memperbaikinya. Menurut teknisi itu, kabel televisi itu sudah digigit tikus. Salah satu dari tiga helai kabelnya putus oleh gigitan tikus. Itulah sebabnya televisi itu tidak mengeluarkan gambarnya. Tikus itu benar-benar telah merusak televisi itu. Ah, tikus, tikus.***

Posting Komentar

Berikan Komentar Anda

 
Copyright © 2016 koncopelangkin.com Shared By by NARNO, S.KOM 081372242221.