BREAKING NEWS

Jumat, 30 Januari 2015

Melihat Pembinaan Syarhil Quran Sekolah

Aktivias di Kelas
CABANG syarhil quran dalam MTQ (Musabaqoh Tilawatil Quran) merupakan salah satu cabang yang cukup ramai penggemarnya. Meskipun cabang fahmil quran lebih menarik dan menyedot penonton lebih ramai dalam even MTQ, cabang syarhil quran tetaplah menjadi salah satu cabang yang juga cukup menarik di mata penonton.

Lomba syarhil quran adalah salah satu cabang lomba dalam MTQ baik di tingkat kelurahan, kecacmatan, kabupaten sampai ke tingkat Nasional yang menampilkan tiga atau dua orang peserta sekaligus. Cabang syarahil quran, seperti juga cabang fahmil quran merupakan cabang lomba beregu dengan inti lombanya menyampaikan isi kandungan alquran di depan para penonton. Cabang syarhil quran berisi seorang pensyarah, seorang pembaca alquran dan seorang lagi penerjemah. Dua kegiatan yang terakhir dapat pula dilaksanakan oleh seorang peserta saja jika regu tersebut hanya etrdiri dari dua orang.

Karena lomba syarhil dimaksudkan untuk memberi kesempatan para remaja Islam, terutama yang masih duduk di bangku sekolah maka sudah menjadi kelaziman di setiap sekolah --SLTP/ SLTA-- ada pembinaan cabang syarhil quran. Guru-guru (agama Islam) akan membuat kelompok-kelompok peserta syarhil yang kelak dapat diterjunkan di ajang lomba yang diadakan. MTQ sendiri sebagai program pemerintah, tetap dilaksanakan setiap tahun dari tingkat bawah (lurah) sampai ke tingkat atas (Nasional). Dan untuk keperluan ini sering sekolah berinisiatif mempersiapkan pesertanya.

Seperti di sekolah lain, di SMA Negeri 3 Karimun juga sudah dibentuk kelompok pembinaan syarhil quran ini. Pembinanya langsung oleh guru agama Islam yang ada. Oleh guru, di setiap kelas dibentuk tim syarhil quran sebagai perwakilan kelas masing-masing. Jika mampu menyiapkannya dua regu, itu juga bisa dilakukan. Sekurang-kurang satu regu di setiap kelas, akan dibentuk oleh guru Pendidikan Agama Islam dengan berkoordinasi dengan Wali Kelas.

Selain persiapan sewaktu-waktu bila ada pihak kelurahan atau kecamatan memerlukan dalam MTQ Tingkat Kelurahan atau Kecamatan, sekolah juga membuat program lomba fahmil quran antar kelas. Biasanya dilaksanakan pada akhir semester (dalam kegiatan classmeeting) yang dikelola oleh OSIS. SMA Negeri 3 Karimun, menurut catatan baru tahun 2014 yang lalu mencoba mempersiapkan kelompok syarhil quran ini. Itu pun juga mengingatkan adanya MTQ di tahun 2015.

Pada hari Jumat (30/ 01/ 15) ini, untuk pertama kali pula salah satu regu ditampilkan oleh guru agama di depan siswa/ wi lain. Karena hari Jumat adalah hari pembinaan rohani di setiap paginya, maka untuk hari ini diisi oleh tiga orang siswa yang akan menampilkan kebolehannya dalam cabang syarhil quran.

Menurut salah seorang guru agama yang membina langsung regu syarhil quran ini bahwa regu yang tampil ini nanti akan ditampilkan juga pada MTQ Kecamatan Meral yang akan dilaksanakan pada 1 s.d. 4 Februari yang akan datang. Meskipun di kecamatan sebenarnya tidak dilombakan karena tidak semua kelurahan mampu menyiapkannya, namun regu yang dibina di sekolah, satu-satunya SMA negeri di kecamatan ini, tetap akan ditempilkan. Ada beberapa regu nanti akan tampil. Dan hasil pembinaan akan menjadi penentu untuk keikutrsertaan mereka di tingkat kabupaten.

Menurut pembina syarhil quran di SMA Negeri 3 Karimun, regu yang sudah ada ini sebenarnya belum terlalu lama dibina. Padahal untuk kemampuan berpidato itu dibutuhkan waktu yang cukup lama. Namun untuk saat ini, baru regu inilah yang agak bagus. Begitu keterangan Ibu Guru ini. Semoga ke depan mereka lebih serius berlatih dan akan lebih hebat lagi dalam penampilannya.

Yang tak kalah penting dan harus dipahami peserta tentu saja esensi persahabatan yang terkandung dalam regu syarahil itu sendiri. Dengan bentuk lomba yang beregu, artinya kekompakan regu itu menjadi sangat penting. Kehebatan per individu tidak akan sukses dalam regu jika secara keseluruhan masing-masing individu tidak mampu bersatu. Ini penting.***

Posting Komentar

Berikan Komentar Anda

 
Copyright © 2016 koncopelangkin.com Shared By by NARNO, S.KOM 081372242221.