BREAKING NEWS

Jumat, 19 September 2014

Konco Pelangkin

Dari Google.com

PERNAH mendengar kosa kata konco dan pelangkin? Mungkin jarang sekali. Dua kata itu memang tidak lazim dipakai dalam percakapan sehari-hari. Tapi itu benar-benar ada dalam bahasa kita, bahasa Indonesia yang baku. Setidak-tidaknya terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sebagai kamus rujukan utama dalam bahasa kita, Bahasa Indonesia.

Kata konco terdapat di halaman 517 KBBI terbitan Balai Pustaka edisi kedua cetakan kesembilan (1997) atau pada halaman 722 KBBI terbitan PT Gramedia Pustaka Utama (edisi ke-4 cetakan ke-4 Juli 2012) yang berarti 'teman' atau 'sahabat'. Bisa juga bermakna 'pembantu' atau 'kaki tangan'. Kata itu dijelaskan berasal dari Bahasa Jawa. Sementara kata pelangkin terdapat di halaman 743/ 1039 kamus yang sama dengan arti 'ter' alias 'aspal' atau zat sisa oalahan minyak tanah.

Jadi, frase 'konco pelangkin' secara harfiah berarti pertemanan atau persahabatan bagaikan ter atau aspal dengan dasar (kedudukan) ter atau aspal itu sendiri. Dapat dibayangkan seperti apa lengketnya ter atau aspal pada lokasi dia menempel. Begitulah kental dan kuatnya persebatian dua sahabat yang dikandung makna kelompok kata itu. Tidak salah jika orang yang menyebut dirinya sebagai konco pelangkin itu hubungannya bagaikan saudara kandung walaupun tidak ada hubungan kekerabatan apapun.

Tapi yang ingin saya katakan ke sidang pembaca budiman di blog yang sudah berubah menjadi website ini adalah bahwa istilah konco pelangkin ini adalah sebuah istilah persahabatan atau pertemanan yang sangat kokoh bagaikan bersatu atau lengketnya ter atau aspal di satu tempat itu tadi. Istilah 'konco pelangkin' memang saya kenal ketika saya masih di desa, dulu.

Di kampung saya, Kabun Airtiris, Kampar (sekarang sudah berubah menjadi Desa Limau Manis, Kecamatan Kampar) atau di Kampar secara umum, persahabatan yang akrab dan kuat itu memang disebut dengan istilah konco pelangkin. Istilah yang sama juga terdapat dan dipakai dalam bahasa dan masyarakat Minang (Sumatera Barat). Jadi, persahabatan yang amat sangat kuat itu disebut dengan istilah konco pelangkin.

Blog/ web ini dibuat dan dikelola sejak hari ini, dan diberi nama dengan #Konco Pelangkin# adalah dengan maksud bahwa kehadirannya di tengah-tengah pembaca adalah sebagai bentuk uluran tangan persahabatan dari pengelola. Dan persahabatan yang diharapkan itu tentu saja persahabatan atau pertemanan yang akan akrab, kokoh dan menyatu meski dari jarak nan jauh. Seakrab dan selengketnya ter dengan tempatnya lengket, meskipun akrabnya hanya di dunia maya saja.

Jika ada catatan dan atau tulisan yang akan diposting di sini, diharapkan tulisan itu akan melahirkan persahabatan-persahabatan baru diantara kita dan siapa saja yang berkenan mengunjungi dan membacanya. Baik persahabatan antara pengelola dengan Anda pembaca maupun persahabatan antara tulisan-tulisan di web ini dengan pembacanya dan juga persahabatan diantara Anda para pengunjung blog/ web sederhana ini.

Tentu saja tidak sekadar persahabatan yang akrab yang diharapkan. Kehadiran blog/ web ini juga diharapkan mempunyai nilai tambah dalam wawasan dan pengetahuan. Pengelola berharap sekali, satu-dua kalimat atau paragraf yang termuat di halaman ini nanti, mampu juga menambah dan memperluas pengetahuan dan wawasan. Tidak hanya pengetahuan dan wawasan pengunjung yang berkenan membaca, terlebih-lebih wawasan dan pengetahuan pengelola dan penulisnya sendiri. Bukan ego tapi itulah harapannya.Itulah sebabnya blog/ web sederhana ini diberi moto 'kokohkan persahabatan, luaskan pengetahuan' yang akan menjadi moto komunitas membaca dan menulis di antara kita.

Penutup, semoga blog/ web ini menambah semangat kita untuk terus membaca dan menulis sebagaimana yang sudah menjadi cita-cita dan budaya kita. SELAMAT MENGIKUTI DAN MEMBACANYA.***

Posting Komentar

Berikan Komentar Anda

 
Copyright © 2016 koncopelangkin.com Shared By by NARNO, S.KOM 081372242221.