BREAKING NEWS

Senin, 12 Januari 2015

Berkemah itu Menguatkan

PADA hari Jumat (09/ 01/ 15) lalu dibuka secara resmi Perkemahan Jumat-Sabtu-Minggu (Perjusami) oleh Ketua Harian Kwarcab Pramuka Karimun, Pak TS Arif Fadhillah. Perjusami yang berlebel 'Perkemahan Bakti Sosial' itu dilaksanakan oleh Kwarran (Kwartir Ranting) Kundur Barat (Kuba) dengan mengambil lokasi di Bumi Perkemahan (Buper) Lapangan Padang Kundur, Kuba.
Saya dan beberapa pengurus Kwarcab yang berkesempatan mendampingi Pak Arif yang juga Sekda Karimun, melihat betapa antusiasnya para peserta Perjusami mengikuti kegiatan perkemahan itu. Perkemahan gabungan yang diikuti oleh anggota pramuka yang berpangkalan di Gudep-gudep se-Kwaran Kuba diikuti oleh kurang lebih 700 orang peserta. Itu laporan yang disampaikan oleh Ketua Panitia Pelaksana Perjusama pada acara pembukaan, sore itu.

Pembukaan Perjusami yang dimulai pada pukul 15.15 setelah rombongan Kakwarcab tiba di Buper. Rombongan Kakwarcab bertolak dari Karimun dengan menggunakan speed boat Pemkab I pukul 14.10. Tiba di buper sekitar pukul 15.00. Menunggu beberapa menit untuk persiapan, barulah acara pembukaan itu dimulai.

Diawali dengan laporan panitia dengan menyampaikan latar belakang kegiatan serta jumlah peserta perkemahan dilanjutkan dengan pidato pengarahan oleh Kakwarcab yang bertindak sekaligus menjadi Pembina Upacara.Ketua panitia melaporkan bahwa peserta perkemahan diikuti oleh anggota pramuka yang berpangkalan di sekolah-sekolah se-Kwaran Kundur Barat. Setiap SD, SLTP dan SLTA mengirimkan dua sampai empat regu setiap sekolah, kata Ketua Panitia.

Sementara Kakwarcab dalam pidato pengarahannya menjelaskan betapa pentingnya kegiatan kepramukaan ini. "Jika kalian, anakanakku aktif dari kecil ini di gerakan kepramukaan, maka kalian akan terbiasa mendiri. Insyaallah, kelak kalian akan mampu juga mandiri," katanya membuka pidato sambutan. Panjangan lebar Pak Arif menjelaskan betapa pentingnya gerakan kepramukaan ini sebagai wadah penguat jati diri.


Penguat jati diri. Ya, saya setuju dengan pernyataan ini. Kegiatan perkemahan selama tiga hari ini hanyalah sebagian kecial kegiatan yang akan menempa para anngota pramuka untuk memperkuat berbagai aspek dalam kehidupan. Kegiatan ini akan merapatkan lagi pertemanan diantara anggota pramuka. Itu berarti, kegiatan berkemah ini akan lebih mendekatkan lagi tali silaturrahim diantara mereka.

Lebih dari itu, perkemahan juga akan memperkuat karakter dan kepribadian para peserta ini. Mereka akan terlatih selama berkemah ini bagaimana hidup mandiri. Mereka akan belajar memasak, belajar mengatur diri dan kelompoknya serta banyak praktek kemandirian yang dilakukan. Itu artinya akan membuat mereka benar-benar teruji dalam kekuatan mental dan karakternya. Semoga!

Posting Komentar

Berikan Komentar Anda

 
Copyright © 2016 koncopelangkin.com Shared By by NARNO, S.KOM 081372242221.